Jelaskan 6 Teori Berkembangnya agama dan kebudayaan hindu di Indonesia

Diskon 50% Spesial Buat Kamu
Coupon

Gunakan Kode Kupon CERIA dan Dapatkan Potongan 50% saat Langganan Ruang  1 & 2 Tahun.

Ingat Ruang Guru, Ingat CERIA

( Copy kode kupon dengan Klik gambar gunting )

More Less

Jika anda mempelajari sejarah maka perkembangan agama Hindu dan Budha di Indonesia sudah ada sejak masa kerajaan Tarumanegara dan kalingga.Berkembangnya agama Hindu dan Budha di Indonesia tidak lepas dari peran para brahmana yang aktif menyebarkan ajarannya ke pada para penduduk pribumi.

Selain Brahmana ada juga golongan lain yang ikut serta yaitu golongan pedagang. Semenjak masa kerajaan kerajaan kuno Indonesia telah menjalin kerjasama di bidang perdagangan dengan India dan negara negara di asia lainnya.

Jika kita melihat bukti bukti kebudayaan hindu dan budha yang di tinggalkan di Indonesia maka ada beberapa macam teori yang bisa di kemukakan untuk menjelaskan perkembangan agama Hindu Budha di wilayah nusantara.

Setidaknya ada 6 teori yang mengemukakan berkembangnya ajaran hindu budha di wilayah Sumatra, Jawa, bali, kalimantan, dan sulawesi dan wilayah Indonesia lainnya.

ke 6 teori tersebut di kembangkan oleh beberapa orang peneliti sejarah dan budaya Indonesia. Baik akademisi dari Luar negeri maupun dalam Negeri.Kesemuanya berdasarkan bukti dan fakta ilmiah.

Namun dari ke 6 teori tersebut tentu ada teori yang paling kuat dan di dukung banyak orang karena bukti bukti yang di kemukakannya falid dan tidak terbantahkan. Seperti Teori Brahmana dan Teori Waisya

Diskon 50%
Coupon

Sudahkah anda belajar hari ini ? Ujian kenaikan kelas dan Kelulusan sudah semakin dekat. Belum lagi persiapan SBMPTN.

Yuk mulai sekarang langganan Ruang Guru Bimbel Online No.1 di Indonesia.

Ada diskon Spesial buat kamu jika daftar hari ini. Dapatkan potongan 50% dengan kode kupon CERIA

Copy kuponnya dengan klik gambar Gunting.

More Less
Jelaskan 6 Teori Berkembangnya agama dan kebudayaan hindu di Indonesia
Jelaskan 6 Teori Berkembangnya agama dan kebudayaan hindu di Indonesia

6 Teori masuknya agama Hindu dan Budha di Indonesia

1. Teori brahmana. Teori brahmana mengemukakan bahwa berkembangnya agama Hindu dan Budha ke Indonesia di bawa oleh para kaum brahmana. Para Brahmana Ini ke Indonesia atas undangan para raja yang berkuasa di Nusantara.
Mereka bertugan untuk melakukan Upacara keagamaan maupun upacara pengangkatan raja raja baru. Contoh upacara keagamaannya adalah Abhiseka,Vratyastoma,Kulapanjika dan Castra. Teori brahmana di kemukakan pertama kali oleh Van Leur.
2. Teori kesatria. Teori ini mengemukakan bahwa perkembangan agama Hindu dan Budha ke indonesia di bawa oleh para ksatria atau para prajurit india yang melakukan ekspansi ke wilayah Indonesia.Teori ksatria di gagas  oleh Majumdar, Moekrji, dan Nehru. 
3. Teori waisya. penganut teori waisya ini beranggapan bahwa agama Hindu dan budha ke nusantara di bawa oleh para pedagang India. Jadi mereka selain berdagang juga menyebarkan agama dan kepercayaannya ke pada masyarakat pribumi.Teori waisya di kemukakan  Krom 
4. Teori sudra. Pengikut teori sudra beranggapan bahwa agama Hindu budha di sebarkan di Indonesia oleh para Imigran dari India. Mereka pindah dari India ke Indonesia untuk memperbaiki taraf hidupnya.
5. Teori nasional di pelopori oleh F.D.K. Bosch yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia ikut berperan aktif menyebarluaskan agama Hindu. Dalam artian Setelah masuknya agama Hindu, mereka
turut aktif menyebarkan agama tersebut kepada orang orang Indonesia yang belum memeluk agama.
Di samping Itu mereka juga belajar agama Hindu budha ke India dan memperdalam Ilmu di sana.( teori arus balik )
6. Teori arus balik.Teori ini menjelaskan bahwa penyebaran agama Hindu dan Budha di Indonesia di lakukan oleh orang orang nusantara sendiri. Dalam artian para penganut agama Hindu dan Budha generasi pertama belajar dan memperdalam Ilmu agama di India. 
Kemudian setelah mereka menguasai ajaran agama Hindu maupun Budha mereka kembali ke Indoesia dan menyebarkannya kepada kaum kerabat yang belum memeluk agama hindu mupun budha.
Selain membawa Ajaran agama tentu kebudayaan hindu Budha juga berkembang di Indonesia. hal ini bisa di buktikan dengan adanya penemuan Prasasti dan Candi bercorak Hindu Budha di Nusantara.
Kebudayaan yang berkembang tentu tidak hanya di bidang arsitektur namun juga di bidang pemerintahan dan tata sosial kemasyarakaan. Seni budaya dan adat istiadan penduduk Nusantara.
Tentu anda masih ingat betapa besaarnya kerajaan Sriwijaya dan majapahit. Mereka merupakan salah satu bukti peninggalan kebudayaan hindu budha di Indonesia di bidang pemerintahan.
Ingin belajar lebih santai dengan ribuan video turorial yang menyenangkan. Silahkan download aplikasi bimbel online Ruang Guru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Selamat, Anda mendapatkan diskon 50% saat langganan Bimbel Online Ruang Guru.Gunakan Kode Foucher CERIA

Ada lagi yang bisa saya bantu?
Powered by