10 Jenis Kenduri yang Masih Ada di Desa Maupun Kota

Diskon 50% Spesial Buat Kamu
Coupon

Gunakan Kode Kupon CERIA dan Dapatkan Potongan 50% saat Langganan Ruang  1 & 2 Tahun.

Ingat Ruang Guru, Ingat CERIA

( Copy kode kupon dengan Klik gambar gunting )

More Less

Hallo jagoan apakah anda tau kenduri.Kenduri di lakukan orang yang tinggal di kota atau di Desa.Walaupundi kota kendurinya tidak sebanyak di desa.

Keduanya melakukan kenduri dengan cara masing masih.Salah satu tradisi  yang masih ada di desa adalah mereka masih mempertahankan tradisi nenek moyang yaitu kenduri . (Kalau di kampung Namanya Genduren Bahasa jawa dari kenduri)

 
kenduri
doc.Flicr/Yan Arief Purwanto
 
 

Bayak sekali macam macam kenduri yang ada di kampung.Taukan,karena mereka masih mengadakan kenduri atau selamatan untuk acara ataupun kejadiah kusus yang terjadi di dalam 

keluarganya.Kenduri ini dilaksanakan pada malam hari selepas solat mahrib atau selepas solat isa tergantung yang punya hajat.

Diskon 50%
Coupon

Sudahkah anda belajar hari ini ? Ujian kenaikan kelas dan Kelulusan sudah semakin dekat. Belum lagi persiapan SBMPTN.

Yuk mulai sekarang langganan Ruang Guru Bimbel Online No.1 di Indonesia.

Ada diskon Spesial buat kamu jika daftar hari ini. Dapatkan potongan 50% dengan kode kupon CERIA

Copy kuponnya dengan klik gambar Gunting.

More Less
 
Beberapa jenis kenduri yang ada di kampung di antaranya adalah:
 
1.Selamatan kampung(NYADRAN).
Kenduri ini dilaksaknakan pada sing hari melibatkan seluruh kepala rumah tangga dan tetua tetua adat.Di laksanakan pada bulan Sura dan di beberapa kampung bulannya berbeda tapi mereka memakai penanggalan jawa.Kenduri ini satu tahun sekali.
 
2. Nikahan.
Kenduri ini dilakukan oleh seseorang yang akan menikahkan anaknya biasanya satu sampai tigahari sebelum akad nikah putranya.Di laksnakan di malam hari selepas solat isa.

Yang punya hajat akan mengundang kepala keluarga seluruh kampung atau seluruh Rt tergantung kemampuan si empunya hajat.
 
3.Sunatan.
kenduri ini di lakukan oleh orang yang baru melaksanakan sunatan anaknya.Biasanya dilaksanakan di malam hari setelah siangnya anaknya di sunat.
 
4.Potong rambut.
Kenduri ini di laksanakan untuk selamatan anak kecil yang punya rambut gimbal dan di potong untuk pertama kalinya.kenduri ini sudah jarang di laksanakan karena jarang sekali ada anak yang lahir dengan rambut gimbal.

Tapi di beberapa daerah masih banyak dan di laksanakan festival cukur rambut gimbal.Contohnya daerah Dieng di Wonosobo.
 
5.Kelahiran anak.
Kenduri ini dilakukan tujuh hari setelah kelahiran seorang bayi.Kenduri ini juga sekaligaus acara peresmian Pemberian nama.

Kenduri  Aqiqah bagi yang mampu dengan memotong rambut jabang bayi serta menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki laki dan seekor kambing untuk anak perempuan
 
6.Selamatan tujubulanan kehamilan.
Kenduri ini di laksanakan olehsepasang pengantin baru yang baru mengandung untuk pertama kalinya.Pada sore harinya di lakukan siraman pada perempuan yang mengandung oleh seorang dukun bayi.

Di malam saat kenduri juga di lakukan ritual pelepasan belut di depan rumah ini sebagai sinbol agar kelahiran bayinya nantinya bisa lancer dan cepat.Licin seperti belut.
 
7. wetonan.
Kenduri ini jenisnya kenduri kecil di lakukan oleh seseorang pada saat pas hari kelahirannya.Di lakukan di bulan bulan tertentu dan hanya mengundang tetangga terdekat.
 
8.Bancakan,
Kenduri ini di lalukan pada siang hari oleh anak anak kecil baik laki laki ataupun perempuan.Biasanya bancakan untuk mempersiapkan anak kecil yang mau sunat atau selamatan karena sembuh setelah sakit parah.
 
9. Syukuran.
Jenis kenduri ini insidental.Di lakukan saat seseorang mendapatkan suatu rejeki tak terduga.Juga saat seseorang lulus sekolah ataupun di terima di tempat kerja.Bisa juga saat menempati rumah baru.Ataupun baru beli kendaraan.

10.Kematian
Jenis kenduri ini terjadi jika anggota keluarga ada yang meninggal.Kenduri kematian ini mulai dari 7 hari setelah meninggal.40 hari setelah meninggal.100 hari setelah meninggal.Mendak atau 1 tahun setelah meninggal. 1000 hari setelah meninggal.

Terlepas dari pro ataupun kontra banyak sekali manfaat dari kenduri. Di antaranya adalah rasa berbagi kepada tetangga di sekitar kita. Dengan kenduri otomatis kita akan membagikan makanan kepada tetangga. Ini juga bisa mempererat tali persaudaraan.

Tujuan dari kenduri sendiri bermacam macam namun pada umumnya adalah salah satu upaya untuk bersyukur dan berbagi kepada sesama.

Di dalam kenduri juga mengandung filosofi adat jawa yang luhur. Namun saya sendiri tidak tau filosofi di dalamnya. Kalian tanyakan sendiri kepada budayawan atau sejarawan mungkin mereka tau.

Bisa juga tanya ke Caknun diakan punya acara Kenduri Cinta. hehe…
 
Itulah beberapa jenis kenduri yang masih ada di desa.Mungkin di kota juga ada kenduri tapi sudah sedikit.
 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1
Selamat, Anda mendapatkan diskon 45% saat langganan Bimbel Online Ruang Guru.Gunakan Kode Promo CERIA
Yang sering di tanyakan:
Q: Kak kode diskonnya apa?
A: Kode diskonnya CERIA
Powered by